Pada 12 Juli 2018, Pradita Institute mengundang guru-guru SMA dari berbagai sekolah di Jakarta sebagai tamu dan Dra. A. Kasandra Putranto, psikolog klinis dan forensik, sebagai key speaker dalam Pradita’s Teacher Seminar yang bertema “Facing The Future Through Good Student & Teacher Relationship: Attitude Achievement For Titanium Generation”.

Seminar ini membahas perbedaan generasi murid yang lahir sebagai generasi Z – generasi yang tidak mengenal dunia tanpa teknologi – dan guru yang merupakan generasi Baby Boomer, X, atau Y dalam sisi cara berpikir, perspektif, dan kebiasaan dan cara mengatasinya. Guru pun memiliki peran penting dalam membimbing generasi muda dalam melewati berbagai risiko pada jaman ini, seperti adiksi digital, pornografi, kekerasan di dunia maya, dan persaingan kerja yang semakin ketat. Perbedaan generasi antar guru dan murid bisa menjadi tantangan tersendiri bagi kedua pihak dalam berkomunikasi dengan satu sama lain.

Maka dari itu, penting bagi guru untuk memahami karakteristik, minat, kelebihan, kelemahan, prospek masa depan, dan tantangan yang harus dihadapi oleh Generasi Z untuk menunjang kualitas hubungan guru dan murid. Dengan terbinanya hubungan yang baik antara guru dan murid, guru dapat membimbing murid-muridnya menjadi Generasi Titanium, yaitu generasi tangguh yang resilien dan kompeten.

WhatsApp chat