Bambu merupakan salah satu bahan bangunan tertua dan sangat serbaguna dengan banyak aplikasi di bidang konstruksi bangunan, khususnya di negara-negara berkembang. Bambu tumbuh melimpah di seluruh kepulauan Indonesia, dan telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia selama berabad-abad. Pertumbuhan bambu yang cepat membuat bambu sebagai sumber daya yang dapat berkelanjutan.

Bambu merupakan material kuat dan ringan dan sering dapat digunakan tanpa pengolahan atau finishing. Konstruksi bambu mudah untuk membangun, tahan terhadap gaya gempa, dan mudah diperbaiki jika terjadi kerusakan. Sumber daya kayu berkurang dengan adanya pembatasan yang dikenakan pada penebangan di hutan alam, terutama di daerah tropis, telah memfokuskan perhatian dunia pada kebutuhan untuk mengidentifikasi pengganti material yang dapat diperbaruhi, ramah lingkungan dan secara luas dapat dimanfaatkan.

Karena fakta diatas, maka Pradita Institute mengundang Dr. Adhi Nugraha, M.A untuk memberikan kuliah umum dan workshop mengenai pengolahan material bambu. Dalam kesempatan ini juga, para mahasiswa/i berkesempatan untuk mendengarkan masukan dan saran mengenai tugas Ujian Tengah Semester mereka dari Pak Adhi.

Terima kasih atas waktu dan ilmu yang diberikan oleh Dr. Adhi Nugraha, M.A. Semoga ilmu yang diberikan dapat berguna untuk masa depan mahasiswa/i Pradita Institute.

WhatsApp chat