Pada 27 September 2019, mahasiswa/i program studi Arsitektur mendapatkan kesempatan untuk belajar bersama Dani Hermawan, founder dari Formologix Lab. Kuliah umum ini mengangkat tema Design & The Future: Computational Design Strategy in Architecture Practice.

Formologix Lab adalah sebuah “laboratorium” desain eksperimental dan riset computational design. Berbagai proyek pun dilakoni yang biasanya bekerjasama dengan berbagai pihak seperti seniman, arsitek, hingga fabricator. Sebut saja pembangunan blobby dome di Belitung Timur yang mempunyai tampilan yang sangat unik. Formologix adalah kawah desain dan riset yang mempertemukan banyak ilmu yang saling mengisi. Dani menyebutnya dengan hasil dari irisan antara komputasi desain, material teknik, dan sains.

Dalam kuliah umum kali ini, Pak Dani menjelaskan bagaimana teknologi bisa diterapkan dalam ilmu arsitektur; baik dalam desain maupun dalam pelaksanaan lapangan. Saat ini, kemajuan teknologi mesin-mesin fabrikasi, teknologi seperti 3D printing, laser cut, CNC milling machine yang memungkinkan membangun prototipe, bahkan mock up, secara geometrical digital information atau data. Teknologi mendorong para user untuk lebih hormat terhadap penggunaan resources yang lebih efisien dan efektif. Dengan teknologi memungkinkan tweaking terhadap representasi desain dalam bentuk data atau informasi digital sehingga rancangan bisa lebih komprehensif untuk dapat mendeteksi problem, kesalahan dan waste yang dihasilkan lebih dini.

Terima kasih kepada Pak Dani Hermawan atas waktu dan ilmu yang dibagikan kepada mahasiswa/i Pradita Institute. Semoga ilmu yang dibagikan dapat berguna untuk mahasiswa/i di masa yang akan datang.

 

WhatsApp chat